Resep Makanan Sehat Bayi Umur 1 tahun

Konsumsi makanan bayi yang berumur dibawah satu tahun memang harus selalu diperhatikan dengan baik, karena pada masa-masa tersebut sedang dibentuk sebuah sistem kekebalan alami serta pencernaan yang nantinya dapat mempengaruhi proses metabolisme tubuh ketika dewasa. Oleh sebab itulah, pada masa-masa ini, kita sebagai orang tua haruslah mampu membuat resep yang sehat dan beragam, sehingga si kecil pun akan menjadi lebih lahap menyantap hidangan tersebut. Berikut ini, akan ditampilkan beberapa jenis resep untuk anak usia satu tahun kebawah yang sehat dan aman.



Resep nasi tim daging cincang

Anak-anak pada usia 6-12 bulan akan lebih baik bila mulai diberikan makanan tambahan yang bergizi dan juga aman. Sumber karbohidrat ini bisa didapat dari nasi putih ataupun kentang yang dihaluskan. Untuk menyiapkan resep ini, anda harus menyiapkan beras, tahu cincang dan daging giling. Adapun untuk sayuran bisa ditambah wortel parut serta tomat yang dicincang halus. Proses pemasakannya adalah sebagai berikut:

  • Tahu cincang dan daging giling direbus hingga mendidih, kemudian masukkan wortel serta tomat sambil diaduk-aduk sebentar,
  • Tuangi sedikit santan kental kemudian diaduk lalu tuang ke dalam wadah tahan panas,
  • Beras ditim hingga airnya habis, kemudian siap disantap bersama adonan masakan tadi.

Resep bubur labu kuning sedap

Selain mudah, masakan ini juga terkenal sangat disukai oleh anak-anak karena rasanya yang gurih meskipun tanpa diberi penyedap masakan seperti garam dan lainnya. Anda hanya tinggal menyiapkan labu yang dipotong dadu kecil, susu formula, dan sedikit gula. Untuk cara memasaknya sebagai berikut:

  • Labu direbus hingga empuk dan lunak,
  • Blender labu tersebut hingga halus, kemudian saring ke dalam tempat makan,
  • Campur dengan sedikit susu formula dan gula lalu aduk sebentar. Resep siap dimakan.


Mengingat kapasitas pencernaan dari anak kecil ini biasanya masih sangat sedikit daya tampungnya, maka ada baiknya dalam menyiapkan bahan tidak terlalu banyak. Gunakanlah porsi yang secukupnya hanya untuk si kecil saja, agar bisa lebih hemat untuk keesokan harinya. Resep-resep tersebut, sudah mampu memberikan asupan gizi dan juga nutrisi cukup lengkap untuk si kecil sehingga bisa disajikan tiap hari.

Resep Makanan Sehat Bayi Umur 1 tahun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.