Resep Cara Membuat Tempe Penyet Enak

Tempe meskipun terlihat sebagai makanan sederhana, sebenarnya memiliki kandungan gizi yang tak perlu diragukan lagi. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan protein bagi tubuh. Maka tak heran banyak orang mengolah tempe menjadi berbagai penganan yang lezat dan nikmat. Sehingga tak sekedar memenuhi kebutuhan gizi, tetapi juga kebutuhan lidah akan rasa. Salah satu olahan tempe yang wajib hukumnya untuk kita tahu resepnya adalah tempe penyet.



Tempe penyet bisa dibilang makanan wajib yang harus ada di meja makan. Selain karena pembuatannya mudah, komposisi gurihnya udang dari terasi dan kedelai akan membuat air liur tak berhenti menetes. Apalagi jika dihidangkan dengan nasi panas, dijamin satu piring tak akan cukup memuaskan Anda. Langsung saja, ini dia bahan untuk membuat tempe penyet bagi Anda yang baru belajar memasak:

·         Tempe, 2 lajur (jika dibungkus daun) atau 4 bungkus (jika menggunakan plastik),
·         Bawang putih 1,5 siung,
·         Bawang merah 4 siung,
·         Terasi 1,5 sendok the (dibakar),
·         Garam dan gula secukupnya (sepucuk sendok teh/ 0,25 sendok teh),
·         Cabai rawit merah, 5-6 buah atau sesuai selera,
·         Cabai merah besar, 1-2 buah,
·         Kemangi untuk lalapan..

Bahan diatas adalah bahan untuk tempe goreng dan tentunya untuk sambal. Adapun sambal, ada banyak versi yang digunakan sebagai paduan sambal penyet. Beberapa menggunakan jenis sambal merah, atau sambal terasi yang ditambahkan kencur dan gula merah atau gula aren. Tapi dalam versi resep diatas, digunakan sambal terasi biasa dan dipenyet berbarengan dengan kemangi. Untuk pembuatan tempe penyet menggunakan sambal terasi dan kemangi ini sangat mudah.


Pertama tentu goreng tempe sesuai dengan selera, jika malas meracik bumbu untuk tempe goreng gunakan saja bumbu racik. Untuk sambal, goreng bawang merah, bawang putih dan cabai sampai layu. Kemudian haluskan dengan uleg dan telenan. Biasanya untuk menambah segar sambal ini, banyak Ibu yang menggunakan jeruk limau atau jika di Jawa biasa disebut dengan jeruk sambal. Bentuknya seperti jeruk nipis tetapi lebih kecil. Jadi setelah sambal halus, kucurkan jeruk limau ini diatasnya. Lalu tinggal penyet tempe dan kemangi di atas sambal dan tempe penyet siap disantap.

Resep Cara Membuat Tempe Penyet Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.