Aneka Makanan Sehat Anak Umur 5 Tahun Kebawah

Anda yang memiliki buah hati dibawah lima tahun, tentu biasanya masih sering kebingungan untuk memilih menu yang tepat untuk si kecil. Variasi jenis makanan tentu sangat diperlukan agar si kecil memiliki nafsu makan serta tidak cepat bosan dengan menu yang itu-itu saja. Untuk makanan buah hati Anda ini, biasanya dibedakan dalam beberapa tahap, hingga mencapai usia 5 tahun. Berikut akan disajikan beberapa tahapan usia tersebut, beserta makanan yang paling tepat untuk anak dibawah 5 tahun.




Usia 0-6 bulan

Pada usia ini, pencernaan si kecil masih dalam masa penyesuaian dan pertumbuhan, sehingga konsumsi utama akan lebih tepat bila diberikan ASI eksklusif setiap harinya. Selain untuk membentuk kekebalan alami anak, ASI juga mampu mencukupi segala kebutuhan gizi anak asalkan sang ibu juga selalu mengkonsumsi makanan yang sehat.

Usia 7-12 bulan

Memasuki usia ini, konsumsi ASI saja tidak akan cukup untuk mengenyangkan mereka. Oleh sebab itu sangat diperlukan makanan tambahan dengan gizi yang cukup lengkap seperti:

  • Bubur brokoli dan daging ayam, cara memasaknya masukkan daging ayam ditambah kentang secukupnya dalam panci kecil dan didihkan dengan air. Setelah mendidih masukkan brokoli secukupnya lalu diamkan 10 menit. Kemudian blender bahan-bahan tersebut hingga halus, bisa juga ditambahkan wortel atau labu,
  • Nasi tim hati, caranya dengan memasak beras dan hati ayam yang sudah dipotong kecil-kecil hingga matang. Setelah mengental dan matang, bisa ditambahkan labu atau tomat yang diiris tipis kemudian diaduk hingga tercampur. Blenderlah adonan tersebut hingga halus dan sajikan hangat.

Usia 1-5 tahun


Pada usia ini, anak sangat membutuhkan asupan gizi lebih untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun motoriknya, sehingga pilihlah menu-menu yang banyak mengandung sayuran, buah dan juga karbohidrat seimbang. Ada banyak sekali menu yang bisa dikreasikan untuk buah hati pada usia ini. Mulai dari omelet, pudding, atau juga sayuran berkuah sudah bisa diberikan kepada mereka, dengan catatan harus diperhatikan kandungannya. Menghindari penggunaan bumbu masakan seperti garam atau gula yang berlebihan, sangat dianjurkan sejak dari kecil.

Aneka Makanan Sehat Anak Umur 5 Tahun Kebawah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.